Reader Comments

Rental Mobil Bali Lepas Kunci

by Rental Mobil Bali Lepas Kunci (2019-08-31)

In response to Dominoqq dan Karakter

Sistem Rental Mobil Bali Lepas Kunci - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas T. Lembong memperkirakan bahwa investasi dalam dan luar negeri Indonesia akan mencatat pertumbuhan dua digit, atau lebih dari 10 persen, pada akhir 2019.

"Perkiraan saya adalah bahwa pertumbuhan investasi domestik dan asing pada 2019 akan kembali ke dua digit," Lembong, atau yang populer dikenal dengan Tom, diklaim di sini pada hari Selasa.

Kepala BKPM optimis bahwa investasi asing akan menunjukkan tren positif dalam menghadapi perang perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina yang telah memaksa industri untuk memindahkan pabrik mereka dari Cina ke negara lain.

Tom menunjukkan bahwa investor telah mencapai realisasi untuk mendiversifikasi lokasi untuk pabrik mereka dan tidak berpusat di satu negara tertentu.

"Ada kecenderungan di antara investor untuk mendiversifikasi lokasi pabrik. Jangan terlalu fokus pada satu wilayah tertentu. Itu akan berisiko," tegasnya.

Dia mengakui bahwa beberapa negara memang menghadapi tantangan dalam menjaga stabilitas ekonomi dan politik, dan beberapa mata uang telah mengalami depresiasi hingga 50 persen.

Tom mencatat bahwa stabilitas makroekonomi dan politik Indonesia yang relatif akan menguntungkan untuk menarik investasi.

"Tidak ada kesalahan yang signifikan, volatilitas pasar yang tinggi, dan fluktuasi. Kami berada dalam kondisi yang stabil dan rasional di tengah ketidakpastian global dan gejolak yang timbul dari waktu ke waktu," tegas Lembong.

Indonesia telah memberikan insentif untuk menarik investasi, termasuk melalui pemberian tax holiday, tax allowance, dan pajak yang dapat dikurangkan.

Pada 2019, BKPM menguraikan target untuk mencatat total investasi Rp792,3 triliun, naik dari Rp721,3 triliun pada 2018.

Skenario positif pasca pemilihan diperkirakan akan meningkatkan investasi yang telah dibayangi oleh sikap tunggu-dan-tunggu investor sebelum pemilihan, kata Tom.